Mengenal Pohon Dan Buah Ciplukan Lokal Serta Ketahuilah Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Sesuai janji saya beberapa waktu lalu di video berburu ciplukan, pada video ini saya menampilkan perkembangan pohon dan buah ciplukan lokal ini. Sekaligus juga menampilkan manfaat-manfaatnya bagi manusia, khususnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Melansir dari website doktersehat.com, berikut ini adalah manfaat ciplukan bagi tubuh manusia:

01. Menurunkan kolesterol

Tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner hingga stroke. Agar dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, Anda bisa mengonsumsi ciplukan untuk membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

02. Mengatasi epilepsi

Pengobatan epilepsi dapat menggunakan obat-obatan maupun dengan cara diet tertentu. Sebagai pendamping terapi untuk epilepsi, Anda bisa mengonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah per hari untuk menurunkan gejala.

03. Menjaga kerja saluran kemih

Ciplukan dapat menjadi salah satu obat diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan juga mencegah batu kandung kemih.

04. Obat nyeri untuk penyakit lupus

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ciplukan bahkan bisa mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

05. Mengatasi beberapa masalah saluran pernapasan

Mengonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin diklaim mampu untuk mencegah asma kambuh. Selain itu, kandungan antibakteri dalam tanaman ciplukan juga dipercaya dapat mencegah perkembangan bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC. Manfaat ciplukan lainnya untuk saluran pernapasan adalah dapat mencegah penyakit paru-paru basah.

06. Mengatasi gejala penyakit Parkinson

Konsumsi jus ciplukan secara rutin dipercaya dapat menurunkan gejala tremor akibat penyakit Parkinson.

07. Penyakit kuning

Kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol yang ada di dalam ciplukan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning ini.

08. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun ciplukan memiliki aktivitas menurunkan kadar gula darah. Tanaman ciplukan bekerja langsung mempengaruhi kerja insulin.

09. Mengatasi infeksi kulit

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan membalurkan luka dengan daun ciplukan yang sudah ditumbuk hingga halus. Tunggu daun hingga menyerap ke kulit, lalu kemudian bilas dengan air bersih. Selain mengobati infeksi kulit terbuka, Anda juga bisa mencoba mengobati bisul dengan resep yang sama.

10. Mengatasi nyeri sendi dan rematik

Cara mengetasi nyeri sendi dan rematik dengan ciplukan adalah dengan menggunakan daun ciplukan untuk mengompres bagian yang terasa nyeri. Tumbuk daun ciplukan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih, baru kemudian balurkan ke tubuh.

11. Sebagai obat penambah darah

Meminum rebusan daun ciplukan dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala tersebut dapat teratasi.

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)