Menanam Pakcoy Di Tanah Dan Mengetahui Manfaatnya

Halo temen-temen, hari ini video saya membahas tanaman sayur seperti yang ada dalam video ini. Tanaman sayur ini disebut dengan Pak Choy, atau ada juga yang bilang Pok Chay, juga disebut dengan Sawi Sendok di beberapa daerah di Indonesia. Pak Choy yang ada dalam video ini masih kecil-kecil ya temen-temen, yang sebenarnya kalau sudah siap panen, umumnya kurang lebih sebesar sayur sawi seperti yang umum kita lihat.

Sayuran ini bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah, sama seperti daun sawi. Sebenernya sih memang mirip banget sama sawi tapi Pak Choy ini teksturnya lebih kaku dan ukurannya lebih kecil sedikit dari sawi pada umumnya. Tanaman sayur ini diduga berasal dari dataran Tiongkok yang kemudian menyebar ke Indonesia dan dikenal sebagai salah satu bahan pembuat masakan, biasanya dipakai untuk sop atau penghias makanan, mirip banget dengan fungsi sawi biasa. Bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun rendah dan apabila ditanam pada daerah yang beriklim sejuk, tanaman ini akan lebih cepat berbunga, walaupun bunganya ngga ikut dikonsumsi.

Mempunyai nama latin Brassica Rapa, merupakan herbal semusim yang mudah tumbuh dan mempunyai perkecambahan epigeal. Sewaktu muda terlihat lemah seperti dalam video ini, tapi setelah agak besar akan semakin menguat dengan terbentuknya stengah roset dengan batang yang cukup tebal, tapi ngga berkayu. Berwarna hijau segar dan ngga berbulu. Masa panen adalah 40-60 hari dari biji atau 25-30 hari setelah tanam dari bibit.

Seperti pada umumnya sayur-sayuran dan buah-buahan, tentu aja Pak Choy ini mempunyai kegunaan bagi tubuh manusia, antara lain adalah:

  1. Peradangan

    Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting dan itu bisa ditemukan dalam bok choy. Kolin membantu mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak dan mengurangi peradangan.

  2. Tekanan Darah

    Kalium, kalsium dan magnesium yang hadir dalam bok choy diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

  3. Kesehatan Jantung

    Bok choy juga kaya akan folat, potassium, vitamin C dan vitamin B-6. Selain itu, sayur ini juga rendah kolesterol yang membuatnya baik untuk jantung.

  4. Kesehatan Tulang

    Besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng dan vitamin K adalah nutrisi yang terkandung dalam bok choy. Mereka semua berkontribusi dalam pembangunan dan pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang.

  5. Anti K*nker

    Bok choy dan sayuran lainnya diketahui memiliki sifat anti-k*nker. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran memiliki risiko lebih rendah menderita k*nker paru-paru, prostat, kolorektal dan payudara.

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)