Memberi Nama Indonesia Bagi Tanaman Hias Sanchezia Speciosa - Cacak Gading

Cacak Gading

Halo temen-temen, berjumpa lagi dengan saya, SetiawanAP. Pada video kali ini saya akan mengajak temen-temen mengenal tanaman hias yang belum punya nama Indonesia, yaitu Sanchezia Speciosa. Nah kebetulan belum punya nama Indonesia, maka saya memberi nama tanaman ini dengan nama Cacak Gading. Kenapa Cacak Gading? Karena dilihat dari tulang-tulang daun yang selalu berwarna kuning gading, memiliki keteraturan bentuk seperti Cacak atau Garis. Sederhana. Memang. Ngga perlu ribet dalam penamaan karena kalau ribet malah bikin susah lidah orang Indonesia dalam pengucapannya.

Informasi

Kekuatan tanaman ini adalah sebagai tanaman hias ya temen-temen. Karena memiliki daun yang cantik dipandang mata, dan juga bunga yang ngga kalah bagus yang memiliki perpaduan warna merah dan kuning. Struktur daunnya mengkilat, dengan warna daun hijau hingga hijau tua dengan tulang-tulang daun berwarna kuning cerah. Batangnya pun enak dipandang karena berwarna merah muda kehijauan. Sedikit berbulu dan mampu mencapai tinggi hampir 2 meteran kalau ngga rajin dipangkas. Seperti pada video ini, tinggi si Cacak Gading ini sudah mencapai kurang lebih 160-170 centimeran.

Tanaman yang aslinya berasal dari Peru dan Ekuador ini bisa bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Bisa ditanam di pot ataupun langsung di tanah seperti yang tampak pada video ini. Cacak Gading ini gampang tumbuh di tanah tropis seperti di Indonesia ya temen-temen. Yang penting dia harus terpapar sinar matahari yang cukup, dan usahakan untuk menyiramnya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Fungsi

Kalau menurut saya, Sanchezia cocok ditaman sebagai tanaman hias depan rumah, atau sebagai bedeng atau pagar alami rumah. Dengan melakukan pemangkasan yang teratur, tanaman ini bisa diatur ketinggiannya sehingga ngga sampai 2-3 meteran. Jadi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, karena tanaman ini belum punya nama Indonesia, saya akan mencoba mempopulerkan nama Indonesianya, yaitu Cacak Gading, yang berarti Garis Berwarna Kuning Gading, sesuai dengan bentuk daunnya yang memiliki tulang-tulang daun atau urat daun berwarna kuning gading.

Ok jadi sementara ini dulu video pengenalan tanaman hias Sanchezia Speciosa atau Cacak Gading ini, teman-teman. Mudah-mudahan temen-temen setuju dengan penamaan baru ini sehingga lebih mudah diucapkan oleh lidah orang Indonesia.

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)