Kecipir Atau Kacang Botol Manfaat Dan Cara Budidayanya

Halo temen-temen, ketemu lagi dengan SetiawanAP. Video hari ini saya akan ngobrolin sebuah tanaman yang masuk kedalam tanaman sayur yaitu Kecipir. Selain itu, juga ingin menginformasikan bahwa mulai hari Senin kemarin, channel SetiawanAP akan mulai mengupload video 2 kali seminggu setiap hari Senin dan Kamis. Ok balik lagi ke kecipir ya. Pohon atau tanaman kecipir tumbuh merambat temen-temen, mirip kacang-kacangan yang lain seperti kacang panjang. Kecipir yang disebut Winged Bean dalam bahasa Inggris dan Psophocarpus Tetragonolobus dalam bahsa latin ini memiliki banyak nama di Indonesia, seperti Kacang Botol, Kacang Belimbing dan Kacang Embing.

Bentuk tanamannya merambat, memanjat atau membelit dan membentuk perdu atau semak yang menahun. Biasanya dikasih penyangga-penyangga seperti yang tampak dalam video ini supaya dia merambat ke atas, karena kalo ngga dikasi penyangga maka sulur-sulurnya cenderung akan nutupin tanah.

Di Indonesia kecipir biasanya ditanam untuk diambil buahnya yang muda dan pucuk-pucuk daun muda yang direbus sebagai lalapan, atau dicampur ke dalam sayur. Ada juga yang menyebutkan bahwa daunnya juga berkhasiat sebagai obat herbal. Ekstrak daunnya dipakai untuk mengobat mata bengkak dan sakit teling. Terus daunnya jika diremas dan dicampur dengan adas pulasari bisa digunakan sebagai obat bisul.

Biji kecipir memiliki kandungan protein yang tinggi (27,8-36,6%), lemaknya (14,8-17,9%), yang mirip dengan kandungan zat pada kacang kedelai. Selain itu, juga banyak mengandung fosfor, kalsium, dan magnesium. Tapi kandungan kalsium tertinggi justru terdapat pada daun. Tumbuhan ini juga mengandung karbohidrat, vitamin C, beserta tocopherol yang merupakan antioksidan untuk membuat tubuh lebih banyak menyerap vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan air.

Kecipir juga mengandung asam behenat, yaitu asam lemak yang tak dapat diserap usus sehingga tidak menyebabkan kegemukan walau dikonsumsi banyak.

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)