Tanaman Palawija Kacang Hijau Atau Mung Bean Atau Vigna Radiata Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Tanaman apa ini temen-temen? Ya ini adalah kacang hijau ya temen-temen. Bernama latin Vigna Radiata, tanaman sejenis palawija ini dikenal luas di daerah tropis. Tanaman ini termasuk kedalam suku polong-polongan ata Fabaceae dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa kacang hijau dikenal luas di Indonesia, memiliki banyak manfaat dalam bidang pangan karena protein nabatinya yang tinggi ya teman-teman..

Di negara kita, kacang hijau menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, dimana nomor 1 nya adalah kacang kedelai dan nomor 2 adalah kacang tanah. Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus sampai lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung.

Biji matang bisa juga dihancurkan atau diuleg dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi bubur seperti yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.

Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia selain sebagai makanan:

  1. Mencegah kank*r

    Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kank*r.

  2. Mencegah penyakit jantung

    Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

  3. Kaya protein

    Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

  4. Membantu menurunkan berat badan

    Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

  5. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

  6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

    Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

  7. Melancarkan pencernaan

    Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

  8. Membersihkan tubuh dari racun

    Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

  9. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

    Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)