Tanaman Hias Andong Merah Atau Hanjuang Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Saya sekarang ada di salah satu objek lokawisata di jawa tengah tepatnya di lokawisata baturaden. Dan dalam video ini saya akan membahas tanaman hias hanjuang atau andong, temen-temen.

Andong punya nama latin Cordyline Fruticosa, sering dipake jadi tanaman pelindung dan pembatas blok sawah, ladang, perkebunan teh atau kina di Indonesia. Hanjuang atau Andong populer sebagai tanaman hias karena warnanya yang emang menarik, merah begitu.

Tanaman ini memiliki bentuk tegak, jarang bercabang, dengan kisaran tinggi 2-4 meter. Daunnya yang berbentuk lanset lebar memiliki variasi warna merah tua, merah kecoklatan atau hijau. Tanaman ini mempunyai bunga yang berbentuk malai dengan ukuran panjang sekitar 30 cm, berwarna hijau keunguan atau kuning muda. Adapun bentuk buah hanjuang menyerupai bola dan berwarna merah. Daun hanjuang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan dan menurut hasil penelitian memiliki kemampuan antibakterial.

Pembudidayaan tanaman hanjuang dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu menggunakan cara stek batang atau stumb. Cara stek digunakan dengan memakai batang tanaman yang keras sepanjang 5-10 cm. Adapun cara stumb dilakukan dengan membuang daun yang ada terlebih dahulu dan memasukkan sepertiga tanaman kedalam tanah. Tanaman ini mudah untuk dipelihara. Cukup dengan penyiraman atau dengan menjaga kelembaban tanah, kalapun mau bisa dilakukan pemupukan terutama pupuk dasar.

Mengutip dari buku karya Ir W.P. Winarto pada tahun 2007, sebagian dari tanaman andong ini bisa digunakan sebagai pengobatan atau kesehatan tubuh manusia, antara lain adalah:

  • Mengobati TBC Paru Dengan Batuk Berdarah

    Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.

  • Ancaman Keguguran Kandungan, Menstruasi Yang Banyak, Air Kemih Berdarah dan Wasir Berdarah

    Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.

  • Mengobati Nyeri Lambung dan Mengobati Nyeri Ulu Hati

    Daun 15-30 gram, atau bunga 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.

  • Mengobati Radang Gusi

    Kulit dikikis, diberi garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit.

Kontra Indikasi: Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tanaman obat ini

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)