Kelapa atau dalam bahasa latin disebut dengan Cocos Nucifera dan Coconut dalam bahasa Inggris, adalah tumbuhan yang sudah kita kenal luas eksistensinya selama ratusan tahun. Emang ada yang belum pernah liat pohon kelapa? Di Indonesia juga dikenal sebagai tumbuhan atau tanaman yang serba guna karena hampir seluruh anggota tubuhnya bisa dimanfaatkan.

Daging bagian dalam dari benih matang membentuk bagian yang secara teratur menjadi sumber makanan bagi banyak orang di daerah tropis dan subtropis. Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endosperma mereka mengandung sejumlah besar cairan bening, disebut “santan” dalam literatur, dan ketika belum matang, dapat dipanen untuk diminum sebagai “air kelapa”. Di Indonesia akrab dengan nama Es Kelapa Muda.

Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo. Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu. (dari berbagai sumber)

Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP – Channel Youtube)